Sabtu, 19 Maret 2011

Pertanyaan 1-21

PERTANYAAN

1-21. Uraikan kriteria pemilihan tahun dasar untuk analisis tren angka indeks.

Jawab :

Kriteria pemilihan tahun dasar untuk menganalisa laporan keuangan yang lebih dari tiga tahun adalah dengan menggunakan ankga indeks dan semua data laporan keuangan yang di analisa dihubungkan dengan angka indeks tersebut dinyatakan dengan persentase.

Untuk dapat menghitung trend yang dinyatakan dalam persentase diperlikan dasar pengukur atau tahun pengukurnya. Biasanya data atau laporan keuangan dari tahun yang paling awal dalam deretan laporan keuangan yang dianalisa tersebut dianggap sebagai tahun dasar. Pemilihan tahun yang paling awal sebagai tahun dasar ini bukan merupakan suatu keharusan, karena tahun yang paling awal ini belum tentu menunjukan keadaan yang normal atau reprensentif. Sedapat mungkin periode atau laporan keuangan yang digunakan sebgai tahun dasar adalah tahun yang paling normal diantara tahun-tahun yang di analisa.

Tren dari modal sendiri yang menarik menunjukan perkembangan keuangan yang menguntungkan terutama tren daripada hutang turun atau naik tetapi dengan rate yang lebih rendah dibandingkan dengan kenaikkan modal sendiri.

Agar tern itu dapat diperbandingkan maka harus dipenuhi beberapa syaratnya antara lain bahwa :

  1. Prinsip-prinsip akuntansi yang digunakan pada waktu melakukan pencatatan akuntansi dilakukan secara konsisten dalam tahun-tahun yang bersangkutan
  2. Selama periode yang bersangkutan tidak terjadi perubahan nilai uang atau kenaikkan harga-harga yang amat berbeda.

Apabila kedua syarat ini tidak diketahui maka data yang diperoleh ak dapat diperbandingkan, kecuali kalau diadakan adjusment atau penyesuaian lebih dulu guna menetralisir akibat daripada perubahan yang terjadi,

(Dikutip dari : “Pusat Pengembangan Bahan Ajar UMB”)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar